8. Pengambilan Keputusan dan Laporan-laporan Manajemen
Dalam suatu organisasi, kekuasaan untuk membuat keputusan didelegasikan kepada manajer. manajemen didesentralisasikan sampai suatu tingkat diman keputusan-keputusan dibuat pada tingkatan terendah organisasi dan disentralisasikan sampai ke tingkatan atas organisasi.
8.1. Manager dan keputusan
Kontribusi utama seorang manager kepada perusahaan adalah pengambilan keputusan .
Pengambilan keputusan pada dasarnya merupakan suatu proses.
Ada enam tahap sistematis yang biasanya dilakukan oleh seorang manager ketika mengambil keputusan:
1. Mengidentifikasikan dan mendefinisikan masalah .
2. Menentukan alternative tindakan
3. Mengevaluasi tindakan-tindakan yang mungkin
4. Memilih alternative tindakan terbaik
5. Melaksanakan alternative tindakan yang dipilih
6. Melakukan tindakan lanjut untuk meyakinkan dirinya bahwa hasil yang diinginkan dapat diperoleh
MENGIDENTIFIKASIKAN DAN MENDEFINISIKAN MASALAH , tahap ini seringkali merupakan bagian tersulit dari proses pengambilan keputusan. Penanganan yang berhasil dari masalah ini berasal dari hasil analisis yang teliti terhadap situasi sebelum keoutusan akhir yang berkaitan dengan penyebab masalah yang dilakukan.
MENENTUKAN ALTERNATIF TINDAKAN, inti dari proses pengambilan keputusan adalah pemilihan tindakan tertentu oleh manager.
Laporan pengujian,pendapat hukum, dan berbagi masalah lainnya akan diikhtisarkan dalam laporan-laporan yang akan dievaluasi oleh managemen yang kemudian berdasarkan laporan-laporan ini akan mempersempit/mengurangi jumlah alternative rancangan produk. Masalah ekonomi dan dipertimbangkan lainnya akan digunakan rancangan produk.masalah-masalah ekonomi dan pertimbangan lainya akan digunakan untuk memilih rancangan akhir dari produk yang akan diimplementasikan.
MENGEVALUASI ALTERNATIV, mengevaluasi keunggulan-keunggulan relative dari setiap alternative.akhirnya pertimbangan-pertimbangan yang berkaitan dengan aspek-aspek nonmoneter seringkali penting dalam mengevaluasi alternative keputusan, tetapi aspek-aspek tersebut sangat sulit untuk dikuantifikasikan.
MEMILIH ALTERNATIF TERBAIK, dalam berbagai kasus, pemilihan alternative terbaik merupakan bagian paling mudah dalam proses pengambilan keputusan.
MENGIMPLEMENTASIKAN ALTERNATIF YANG DIPILIH. Jika suatu alternative tertentu telah dipilih, manager kemudian melakukan tindak lanjut dan mengimplementasiakan pilihan tersebut.
ANALISIS DAN PENGENDALIAN, meyakinkan bahwa segala sesuatu berjalan sesuai dengan rencana merupakan hal yang penting pada tahap ini.
8.2. PELAPORAN KEPADA MANAJEMEN
Jenis – jenis laporan :
• Laporan Perencanaan
Umumnya berbentuk anggaran dan bermanfaat untuk membantu manajer dalam mengalokasikan dan memperoleh sumberdaya untuk operasi perusahaan di masa datang. Laporan perencanaan dapat disajikan dalam bentuk keuangan maupun non keuangan.
Contoh :
a. Anggaran Penjualan/Laporan Perencanaan yang Umum
Charles Manufacturing Company
Anggaran Penjualan
Seluruh Departemen Penjualan Kuartal Pertama
Area Penjualan Baja Tembaga Kawat Elektrik Total
R.Hill $125,000 $200,000 $ $ $325,000
G.Welch 200,000 50,000 250,000
B.Nadir 75,000 25,000 100,000 200,000
T.Marcus 200,000 75,000 100,000 375,000
L.Green 50,000 50,000
L.Wolfe 50,000 50,000
Total $400,000 $550,000 $200,000 $100,000 $1,250,000
b. Anggaran Kas Fleksibel Bulanan
Perusahaan Manufaktur Updike
Anggaran Kas Bulanan
Item Juni
Penjualan Proyek
10,000
Unit 20,000
Unit 30,000
Unit
Kas Masuk :
Tagihan
$1,000,000
$2,000,000
$3,000,000
Kas Keluar :
Perlengkapan
Upah
Penjualan
Administrasi
100,000
700,000
100,000
200,000
25,000
75,000
100,000
50,000
Arus Kas Neto
Saldo Awal
Saldo Min (100,000)
100,000
200,000 (265,000)
100,000
200,000 (800,000)
100,000
200,000
Pinjaman $200,000 $365,000 $900,000
• Laporan Pengendalian
Membantu manajer meyakinkan dirinya bahwa operasi berjalan sesuai dengan rencana. Seluruh laporan pengendalian memiliki elemen tertentu yang umum yaitu standard an hasil pelaksanaan kerja sesungguhnya.
Contoh :
Laporan Penyimpangan yang Umum
Perusahaan Manufaktur Hill
Laporan Kelebihan Permintaan Bahan Baku
Bagian Produksi
Agustus 3-10
Pekerjaan #Bahan
Standar Penggunaan
Bahan
Variance
Keterangan
364 100 170 (700) Bahan baku buruk
395 75 100 (250) Kesalahan produk
400 100 60 400
Catatan : 1. Biaya standar bahan baku = $10 per unit
2. Bahan baku cacat dibeli dari Ace supply
3. Penyimpangan lebih besar 10% ditemukan
Masalah – masalah yang ditemukan tersebut, maka seorang manajer dapat meminta laporan khusus yang menjelaskan sebab – sebab dari masalah tersebut lebih terinci.
• Laporan Operasional
Berfokus pada keadaan operasi sekarang dalam perusahaan. Tujuan utamanya adalah untuk membantu individu – individu dalam melakukan aktivitas operasional sehari – hari.
Contoh :
Laporan Operasional yang Umum untuk manajer produksi
Perusahaan James
Laporan Order Baru
1 Juni
Nama Pelanggan Tanggal Penyerahan Estimasi Jam Estimasi Jam
Yang Disepakati Kerja Buruh # Kerja Mesin #
Jones 5/6 100 60
Charles 8/6 200 50
Bacon 8/6 150 90
Wilis 9/6 75 50
Sheldon 7/6 100 70
Wolfe 10/6 300 110
Laporan juga dapat diklasifikasikan berdasarkan jangka waktu, yaitu jangka waktu panjang, pendek, dan historis. Laporan jangka panjang lebih berguna untuk perencanaan strategis, laporan jangka pendek bermanfaat baik untuk perencanaan taktis atau rencana operasional.
Ketiga laporan tersebut merupakan scope, cakupan perusahaan secara keseluruhan, divisi secara keseluruhan, departemen atau hanya berkaitan dengan seseorang. Dan semua itu diperlukan oleh para manajer yang lebih tinggi dalam mengevaluasi secara luas mengenai laporan tersebut.
Table laporan klasifikasi
Skema Klasifikasi Contoh
1. Tujuan
Perencanaan
Pengendalian
Operasional
Pajak penghasilan
Pemegang saham
Peraturan pemerintah
2. Jangka waktu Jangka panjang
Jangka pendek
Historis
3. Cakupan Perusahaan keseluruhan
Divisi keseluruhan
Departemen
4. Kemunculan Atas permintaan
Periodic
Akibat suatu kejadian
Satu kali
5. Fungsi organisasi Produksi
Penjualan
Keuangan
Persediaan
6. Format laporan Monitor
Grafik berwarna
Cetak computer
Narasi
7. Kepadatan Singkat
Terinci
Laporan varians
Soal :
1. Apa Kontribusi utama seorang manager kepada perusahaan ?
2. Ada berapa tahap sistematis yang biasanya dilakukan oleh seorang manager ketika mengambil keputusan ?
3. Apa saja jenis pelaporan kepada manajemen ?
a. Laporan kas
b. Laporan perncanaan
c. Laporan pengendalian
d. Laporan operational
4. Apa yang dimaksud dengan laporan perencanaan ?
5. Apa yang dimaksud dengan laporan pengendalian ?
Jawaban :
1. pengambilan keputusan.
2. Ada 6 yaitu :
a. Mengidentifikasikan dan mendefinisikan masalah .
b. Menentukan alternative tindakan
c. Mengevaluasi tindakan-tindakan yang mungkin
d. Memilih alternative tindakan terbaik
e. Melaksanakan alternative tindakan yang dipilih
f. Melakukan tindakan lanjut untuk meyakinkan dirinya bahwa hasil yang diinginkan dapat diperoleh
3. a. laporan kas
4. Umumnya berbentuk anggaran dan bermanfaat untuk membantu manajer dalam mengalokasikan dan memperoleh sumberdaya untuk operasi perusahaan di masa datang.
5. Membantu manajer meyakinkan dirinya bahwa operasi berjalan sesuai dengan rencana.
Sumber :
http://stekpi-rainbow.blogspot.com/2010/12/pengambilan-keputusan-dan-laporan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar