Kamis, 29 November 2012

minggu 8


8. Pengambilan Keputusan dan Laporan-laporan Manajemen


Dalam suatu organisasi, kekuasaan untuk membuat keputusan didelegasikan kepada manajer. manajemen didesentralisasikan sampai suatu tingkat diman keputusan-keputusan dibuat pada tingkatan terendah organisasi dan disentralisasikan sampai ke tingkatan atas organisasi.


8.1. Manager dan keputusan


Kontribusi utama seorang manager kepada perusahaan adalah pengambilan keputusan .

Pengambilan keputusan pada dasarnya merupakan suatu proses.

Ada enam tahap sistematis yang biasanya dilakukan oleh seorang manager ketika mengambil keputusan:


1. Mengidentifikasikan dan mendefinisikan masalah .

2. Menentukan alternative tindakan

3. Mengevaluasi tindakan-tindakan yang mungkin

4. Memilih alternative tindakan terbaik

5. Melaksanakan alternative tindakan yang dipilih

6. Melakukan tindakan lanjut untuk meyakinkan dirinya bahwa hasil yang diinginkan dapat diperoleh

MENGIDENTIFIKASIKAN DAN MENDEFINISIKAN MASALAH , tahap ini seringkali merupakan bagian tersulit dari proses pengambilan keputusan. Penanganan yang berhasil dari masalah ini berasal dari hasil analisis yang teliti terhadap situasi sebelum keoutusan akhir yang berkaitan dengan penyebab masalah yang dilakukan.

MENENTUKAN ALTERNATIF TINDAKAN, inti dari proses pengambilan keputusan adalah pemilihan tindakan tertentu oleh manager.

Laporan pengujian,pendapat hukum, dan berbagi masalah lainnya akan diikhtisarkan dalam laporan-laporan yang akan dievaluasi oleh managemen yang kemudian berdasarkan laporan-laporan ini akan mempersempit/mengurangi jumlah alternative rancangan produk. Masalah ekonomi dan dipertimbangkan lainnya akan digunakan rancangan produk.masalah-masalah ekonomi dan pertimbangan lainya akan digunakan untuk memilih rancangan akhir dari produk yang akan diimplementasikan.

MENGEVALUASI ALTERNATIV, mengevaluasi keunggulan-keunggulan relative dari setiap alternative.akhirnya pertimbangan-pertimbangan yang berkaitan dengan aspek-aspek nonmoneter seringkali penting dalam mengevaluasi alternative keputusan, tetapi aspek-aspek tersebut sangat sulit untuk dikuantifikasikan.

MEMILIH ALTERNATIF TERBAIK, dalam berbagai kasus, pemilihan alternative terbaik merupakan bagian paling mudah dalam proses pengambilan keputusan.

MENGIMPLEMENTASIKAN ALTERNATIF YANG DIPILIH. Jika suatu alternative tertentu telah dipilih, manager kemudian melakukan tindak lanjut dan mengimplementasiakan pilihan tersebut.

ANALISIS DAN PENGENDALIAN, meyakinkan bahwa segala sesuatu berjalan sesuai dengan rencana merupakan hal yang penting pada tahap ini.


8.2. PELAPORAN KEPADA MANAJEMEN



Jenis – jenis laporan :

• Laporan Perencanaan

Umumnya berbentuk anggaran dan bermanfaat untuk membantu manajer dalam mengalokasikan dan memperoleh sumberdaya untuk operasi perusahaan di masa datang. Laporan perencanaan dapat disajikan dalam bentuk keuangan maupun non keuangan.


Contoh :

a. Anggaran Penjualan/Laporan Perencanaan yang Umum

Charles Manufacturing Company

Anggaran Penjualan

Seluruh Departemen Penjualan Kuartal Pertama

Area Penjualan Baja Tembaga Kawat Elektrik Total

R.Hill $125,000 $200,000 $ $ $325,000

G.Welch 200,000 50,000 250,000

B.Nadir 75,000 25,000 100,000 200,000

T.Marcus 200,000 75,000 100,000 375,000

L.Green 50,000 50,000

L.Wolfe 50,000 50,000

Total $400,000 $550,000 $200,000 $100,000 $1,250,000

b. Anggaran Kas Fleksibel Bulanan

Perusahaan Manufaktur Updike

Anggaran Kas Bulanan

Item Juni

Penjualan Proyek

10,000

Unit 20,000

Unit 30,000

Unit

Kas Masuk :

Tagihan

$1,000,000

$2,000,000

$3,000,000

Kas Keluar :

Perlengkapan

Upah

Penjualan

Administrasi

100,000

700,000

100,000

200,000

25,000

75,000

100,000

50,000

Arus Kas Neto

Saldo Awal

Saldo Min (100,000)

100,000

200,000 (265,000)

100,000

200,000 (800,000)

100,000

200,000

Pinjaman $200,000 $365,000 $900,000

• Laporan Pengendalian

Membantu manajer meyakinkan dirinya bahwa operasi berjalan sesuai dengan rencana. Seluruh laporan pengendalian memiliki elemen tertentu yang umum yaitu standard an hasil pelaksanaan kerja sesungguhnya.


Contoh :

Laporan Penyimpangan yang Umum

Perusahaan Manufaktur Hill

Laporan Kelebihan Permintaan Bahan Baku

Bagian Produksi

Agustus 3-10

Pekerjaan #Bahan

Standar Penggunaan

Bahan

Variance

Keterangan

364 100 170 (700) Bahan baku buruk

395 75 100 (250) Kesalahan produk

400 100 60 400

Catatan : 1. Biaya standar bahan baku = $10 per unit

2. Bahan baku cacat dibeli dari Ace supply

3. Penyimpangan lebih besar 10% ditemukan

Masalah – masalah yang ditemukan tersebut, maka seorang manajer dapat meminta laporan khusus yang menjelaskan sebab – sebab dari masalah tersebut lebih terinci.


• Laporan Operasional

Berfokus pada keadaan operasi sekarang dalam perusahaan. Tujuan utamanya adalah untuk membantu individu – individu dalam melakukan aktivitas operasional sehari – hari.


Contoh :

Laporan Operasional yang Umum untuk manajer produksi

Perusahaan James

Laporan Order Baru

1 Juni

Nama Pelanggan Tanggal Penyerahan Estimasi Jam Estimasi Jam

Yang Disepakati Kerja Buruh # Kerja Mesin #

Jones 5/6 100 60

Charles 8/6 200 50

Bacon 8/6 150 90

Wilis 9/6 75 50

Sheldon 7/6 100 70

Wolfe 10/6 300 110

Laporan juga dapat diklasifikasikan berdasarkan jangka waktu, yaitu jangka waktu panjang, pendek, dan historis. Laporan jangka panjang lebih berguna untuk perencanaan strategis, laporan jangka pendek bermanfaat baik untuk perencanaan taktis atau rencana operasional.

Ketiga laporan tersebut merupakan scope, cakupan perusahaan secara keseluruhan, divisi secara keseluruhan, departemen atau hanya berkaitan dengan seseorang. Dan semua itu diperlukan oleh para manajer yang lebih tinggi dalam mengevaluasi secara luas mengenai laporan tersebut.


Table laporan klasifikasi

Skema Klasifikasi

Contoh

1. Tujuan

Perencanaan

Pengendalian

Operasional

Pajak penghasilan

Pemegang saham

Peraturan pemerintah

2. Jangka waktu Jangka panjang

Jangka pendek

Historis

3. Cakupan Perusahaan keseluruhan

Divisi keseluruhan

Departemen

4. Kemunculan Atas permintaan

Periodic

Akibat suatu kejadian

Satu kali

5. Fungsi organisasi Produksi

Penjualan

Keuangan

Persediaan

6. Format laporan Monitor

Grafik berwarna

Cetak computer

Narasi

7. Kepadatan Singkat

Terinci

Laporan varians

Soal :

1. Apa Kontribusi utama seorang manager kepada perusahaan ?

2. Ada berapa tahap sistematis yang biasanya dilakukan oleh seorang manager ketika mengambil keputusan ?

3. Apa saja jenis pelaporan kepada manajemen ?

a. Laporan kas

b. Laporan perncanaan

c. Laporan pengendalian

d. Laporan operational

4. Apa yang dimaksud dengan laporan perencanaan ?

5. Apa yang dimaksud dengan laporan pengendalian ?

Jawaban :

1. pengambilan keputusan.

2. Ada 6 yaitu :

a. Mengidentifikasikan dan mendefinisikan masalah .

b. Menentukan alternative tindakan

c. Mengevaluasi tindakan-tindakan yang mungkin

d. Memilih alternative tindakan terbaik

e. Melaksanakan alternative tindakan yang dipilih

f. Melakukan tindakan lanjut untuk meyakinkan dirinya bahwa hasil yang diinginkan dapat diperoleh

3. a. laporan kas

4. Umumnya berbentuk anggaran dan bermanfaat untuk membantu manajer dalam mengalokasikan dan memperoleh sumberdaya untuk operasi perusahaan di masa datang.

5. Membantu manajer meyakinkan dirinya bahwa operasi berjalan sesuai dengan rencana.

Sumber :

http://stekpi-rainbow.blogspot.com/2010/12/pengambilan-keputusan-dan-laporan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar